13 Februari 2008

Sang Alkemist


seperti upeti yang kemarin
(Paulo Coelho)

terbayang dibenakku...kalimat dari Paulo Coelho seorang penulis Brazil yang punya karya fenomenal berjudul sang Alkemist.
seorang pemuda yang bertemankan domba. dia terus berjalan menuju piramida di Mesir.
tapi perjalanan rupanya tak semudah yang diyangkan. cobaan demi cobaan selalu ia temui. baik yang meminta dombanya atau hanya sekedar bertanya tentang arah tujuannya.
akhirnya ia bertemu dengan sang alkemist, yang menuntun lewat kata-kata bijak. "Kau harus ikuti kata hatimu jika ingin bertemu dengan kebehagiaan,"
aku tak tahu akan makna kalimat itu, yang aku tahu adalah, aku harus ikuti kata hatiku yang sampai saat ini belum aku dengar.
aku kini mencoba mendengar apa yang patut aku dengar dan melihat apa yang patut aku lihat
...dan aku tiggalkan kenangan itu, sebuah kenangan yang pantas dikenang...
memang pantas dan harus pantas.
tak ada lagi yang harus aku lihat kebelakang, sebab aku tak mau menjadi sejarah luka. tapi aku harus jadi masa depan yang memang aku tuju
"Aku harus seperti ini jika ingin seperti itu"

Buitenzorg, 130208

Tidak ada komentar: